CARA BIKIN MOTOR/MOBIL HEMAT BBM DENGAN MEMPERBESAR PENGAPIAN BUSI

Salamat pagi gan tema update blogs saya kali ini tetntang cara menghemat bbm/bahan bakar motor bukan hanya motot mobil juga bisa.
lumayan gan jika motor kita hemat bbm atau bahan bakar kan lebih hemat duit juga apalagi bbm saat ini sudah mau di naikan lagi oleh pemrintah kita juga harus kriatif menyiasatinya suapaya tidak terlalu terasa kena dampak kenaikan bbm atau bahan bakar.
 Sebenar ada banyak cara untuk bisa menghemat bahan bakar dan salah satunya adalah memperbesar pengapian busi motor/busi mobil, dengan pengapian yang besar maka pembakaran bahan bakar bisa lebih maksimal tarikan motor juga akan lebih ringan loh.
tahu gak gan jika pengapian busi tidak maksimal bahan bakar pun bikin boros dan tarikanya juga tidak bisa mantab. itu karena daya ledak yang ada di dalam secer motor tidak bisa besar akibat pengapian kecil sehinga menyebabkan bbm tidk bisa kebakar semua. secara logika di umpamakan agan bakar kayu bakar dengan api kecil dan api besar cepatan mana kebakarnya. tentu cepat menggunakan api yang sumbernya besar. tidak perlu panjang lebar lasung saja ke topik bahasan bikin motor hemat besin/bbm/bahan bakar.

Agan tahu busi motor pasti tahulah jika sudah tahu agan lihat bagian ujung busi motor . jika sudah tahu agan buka pakai tang tapi hati2 gan bisa patah atau pecah. untuk percobaan agan cari busi yang sudah gak kepakai aja atau sudah di anggap ati entar kl bisa di buka busi yang sudah gak kepakai atau mati bisa berfungsi lagi boz lumayan kan tidak perlu beli busi lg hehehe.
jika sudah kebukan didalamnya pasti ada seperti kawat kurang lebih ukuranya 1,5mm. dan penutupnya berlubang tadi yang agan buaka itu yang saya maksud penutup. jika sudah tahu ambil kabel debaga secukupnya sisipkan kedalam pakoknya kabel tersebut bisa menghubungan langsung atara kawat yang ada di dalam sama penutub terhubung lansung. lalu agan coba nah businya udah bisa lagi yang mati jadi hdup lagi. gimana gan mau coba gak terserah agan saja lah toh saya gak rugi hahaha.
jika sudah masih ada lagi gan ada di bagian soc busi itu lo gan yang warnanya biasanya hitam yang jadi pelindung busi jika kena air tidak basah.
 tahu gak gan tepat di benggkokkan itu ada hambatannya jika agan bisa ngambil atau ngebuag hambatan tersebut makan pengapian juga bisa makin besar. sayang untuk mengambil hambatan itu harus di potong dulu dan untuk mengembalikan yang di potong harus di rekatkan kembali terserah mau pake apa agan bisa rekatin.
kalo bisa coil kl dah lemah di ganti gan biar pengapian juga super maksimal. yang terakhir CDI gan kl yang ini sedikit jlimet gan kelamaan jelasinya sekian dulu gan lain kali akan saya sering lagi hemat bbm dengan bantuan air hujan atau air seni juga bisa hehehe terimakasih bos slamat paaaagiiiiiii.

CARA MERAWAT AKI/ACCU MOTOR/MOBIL SUPAYA TAHAN LAMA

Sebuah batre atau aki (accu) motor dan mobil jika tidak di rawat dengan baik maka aki atau accu akan mudah melemah dan jika sudah lemah maka fungsinya pasti tidak bisa maksimal. ciri2nya jika sudah lemah di speda motor atau di mobil dobel starnya susah untuk menyalakan mesin atau susah. jika sudah parah suara bunyi bel juga tidak bisa keras dll.

CARA MERAWAT AKI ACCU SUPAYA LEBIH AWET DAN TENTUNYA TAHAN LAMA.
 jika agan punya speda motor jangan lupa untuk melakukan pengecekan setiap sebulan 1 x pada aki. jika air aki sudah mulai berkurang segera di isi sampai batas uper level yang di anjurkan pada accu/aki.
jika motor jarang di gunakan jangan lupa untuk memberi pemansan. supaya aki/accu tetap terisi setrum.
CATATAN.
CARA MERAWAT AKI/ACCU MOTOR ATAU MOBIL SAMA SAJA.
perlu agan ketahui yang menyebabkan aki accu rusak itu biasanya akibat telat mengisi air. jika air accu sudah mulai keruh jika tidak segera di isi ulang maka akan menimbulkan kerak pada cel accu/aki koran kerak itulah yang menyebabkan akai motor/mobil mejadi cepat rusak atau melemah. jika sudah begitu cara mengatasinya agan bisa memperbaikinya atau mengatasinya di sini. cara memperbaiki aki/accu kering dan basah.

ALAT SETRUM IKAN TERBARU 2013

ALAT SETUM IKAN TERBARU 2013 dari mas ahmad. stelah beberapakali saya mencoba membuat dan membuat alat setrum ikan supaya hasinya lebih baik dari yang saya bikin slama ini akhirnya ketemu juga hehehe. kali ini alat strum ikan yang baru saya rilis ini mempunyai kelebihan arus besar dan kekuatanya juga super mantab dan lebihnya lagi alat setrum ini hanya menggunakan 1 buah accu/aki 12v.
Dan alat yang baru saya bikin ini sudah di buktikan oleh teman mas ahmad yang saya anggap sudah sangat profesional dan mengakuinya alat setrum yang baru ini super mantab katanya.

Selumnya saya mohon maaf untuk alat setrum ikan yang satu ini belum bisa saya informasikan buat agan agan semua karena masih dalam uji coba.
kelebihan alat setrum yang baru ini adalah arusnya tidak terlalu drop jika di gunakan di dalam air tidak seperti yang biasa arus nya di darat besar jika di masukkan di air turun drastis. dan kelebihanya lagi ampernya atau kekuatannya juga lebih besar. sekian dulu kunjungi terus blog ini siapa tahu alat setrum yang satu ini segera saya beberkan data datanya. terimakasih.

CARA MEMPERBAIKI CHARGER ATAU SETRUM AKI/ACCU RUSAK

Selamat malam pada malam hari ini saya ingin mengajarkan bagai mana memperbaiki alat charger accu atau alat pengisian aki. mungkin saja ada teman atau tetangga yang mempunyai charger atau alat pengisi setrum aki ada yang rusak dengan membaca sebuah teori perbaikan charger rusak yang ada disini agan bisa membetulkannya sendiri dan agan tidak perlu membawa ketukang servis.

tidak perlu lama lama lasung saja agan kenali modus modus kerusakan yang biasa terjadi pada alat charger accu atau alat pengisian aki.
 Biasanya kerusakan alat tersebut terjadi di sebabkan karena suhu panas yang berlebihan. suhu panas ini di sebabkan bisa dari ke tidak se imbangan antara arus yang masuk ke aki /accu tidak sesuai atau berlebihan. dan sebagian mereka tidak sambar menunggu lama untuk mengisi accu supaya accu/aki cepat penuh dengan cara menaikan arus output dari charger. akibat ketidak seimbangan arus yang di masukan ke aki tidak sesuai tau berlebihan maka membuat komponen seper dioda atau travo menjadi panas berlebihan. hal seperti ini bisa membuat dioda rusak atau travo juga bisa terbakar dan komponen lain seperti pengaman sekring juga bisa putus.

CARA MEMPERBAI CARGER RUSAK.
 pertama agan lihat kondi travo charger jika tecium bau sangit atau menyengat dan saat input listrik di colokkan ke sumber listrik menjadi anjlok biasanya travo sudah rusak dan perlu di ganti kerusakan seperti ini sudah termasuk parah atau berat solusinya jika travo di atas 5A ke atas lebih baik di lilit ulang menggunakan kawat yang baru untuk melilit travo lain kali akan saya bahas jika saya tulis di sini semua semalam tidak selesai he3x.
lanjut ke TKP jika kondisi travo masih oke atau bagus agan cek dioda dan biasa charger yang berkekuatan besar menggunakan dioda bentuk persegi atau sering di sebut kiprok tapi bukan kiprok motor bebek. diaoda ini cirir2 rusak jalur positif dan negatif yang biasa menghubung untuk mengisi akai tidak mengeluarkan arus sama sekali solusinya ganti yang baru gan tapi perlu di ingat kalo sudah ganti yang baru posisi kaki dioda saat memasang harus benar jika perlu agan kasih tanda sewaktu melepas.

Kerusakan charger atau alat pengisian acc/aki yang lainya bisa terjadi karena ada kabel kabel yang lepas atau kotor bisa juga chenel yang biasa untu menaikan arus. kerusakan seperti itu biasanya arus kadang muncul terkadang tidak muncul sama sekali agan cek cek aja di lihatin siapa tau ada yang lepas solderanya atau platrinya.
yang terakhir adalah sekring pengaman kerusakan sekring dan tombol on of chaeger . biasa kerusan yang di tibulkan dari sekring pengaman dan tombol on of jika charger ada lampu lednya tidak nyala sama sekali.
demikianlah teori yang saya infokan semoga dapat membantu. jika agan punya minat ingin bikin caharger sendiri silahkan klik disini. terima kasih.